Thursday, October 9, 2014

Pakaian Adat Bali | Video

Pakaian Adat Bali 
Pakaian Adat Bali begitu menarik jika kita perhatikan. Banyak jenis pakaian adat sesuai fungsi dan tujuan pemakaian. Ada pakain yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, untuk upacara keagamaan, dll. Berikut video Pakaian Adat Bali yang akan memberikan informasi lebih mengenaik pakaian adat bali.

ewata yang sempat melintas hanya dibayangan saja dan ternyata sudah mampu saya wujudkan dengan melakukan perjalanan wisata ke tempat tersebut. Tepatnya pada hari Senin tanggal 09 Juli 2012 hingga 12 Juli 2012 Dewata telah kujajaki. Yah, memang sudah cukup lama kalau dihitung hingga masa sekarang saya menuliskan kisah ini. Tetapi mungkin bagi para pembaca Dewata adalah tempat wisata yang sudah biasa namun, bagi saya Dewata adalah luar biasa karena saya mengira bahwa Dewata hanya ada di angan serta tak dapat diwujudkan dengan mata kepala Hemb..Dewata, aroma Bali mulai tercium keindahan alamnya. Luar biasa sekali terutama ketika pejalanan menuju Dewata, saya beserta rekan sekolah dan tak lupa Staff sekolah berangkat menuju pulau tersebut menggunakan Bus Pariwisata sejumlah 8 unit. Indah sekali, pesona alam setelah menyebrangi Ketapang. Liku-liku perjalanan di dataran tinggi serasa di Kota Malang perbedaanya hanya pada suasana yang kental serta sakral sekali dengan budaya Bali. Kisah ini mulai terukir seiring berjalanya waktu di Bali. Suasana dimalam harinya sangat indah dan siang harinya cocok untuk berjemur atau jika pagi hari suasana sangat mendukung untuk berkeliling pulau tersebut sambil berjogging ria. Dreamland merupakan pulau pertama yang saya kunjungi, pulau mimpi jika dilihat dari arti katanya. Memang benar disana itu ada sebuah Goa yang didalamnya dijaga seseorang bisa dikatakan seperti juru kunci atau petugas. Nah, disana beliau bertugas untuk mengambilkan air bagi yang berkunjung ke Goa tersebut untuk disiramkan ke wajah seperti mencuci muka dan mitosnya yakni selama membasuhkan air ke muka sambil berdoa agar cepat terkabul terutama untuk masalah jodoh, boleh percaya boleh tidak karena bagi yang muslim hanyalah Allah semata yang mampu mengabulkan permintaan kita. Setelah membasuhkan muka maka diselipkan ditelinga sebuah bunga Kamboja yang cantik, saya senang sekali dengan Kamboja yang terselip di telinga saya serasa seorang putri kerajaan yang berjalan ditepi pantai dengan alunan ombak yang deras. Kisah selanjutnya ketika saya dipulau penyu. Yah pulau Penyu, untuk melakukan perjalanan menuju pulau tersebut saya mengeluarkan uang 50rb sebagai biaya menyewa Boat karean harus menyusuri laut dengan menaiki sebuah Boat dan dibawahnya terdapat lapisan kaca sehingga saya dapat melihat langsung terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang mengitari laut tersebut, luar biasa pesonanya dan itu merupakan pertama kalinya saya menaiki Boat serta melihat terumbu karang yang berwarna-warni serta ikan-ikan kecil yang asyik berenang mengitari Boat kami. Sesampai di Pulau Penyu sungguh saya terheran-heran rupanya disana tidak hanya penyu saja yang menempati area penangkaran dan pameran. Memang pada dasarnya disana adalah satu tempat penangkaran penyu, ada beberapa macam penyu yang menghuni penangkaran tersebut mulai dari ukuran serta jenisnya yang berbeda-beda. Hewan lain seperti ular, Cenderawasih, Kakaktua, Burung Hantu juga menjadi pusat perhatian disana karena sengaja untuk dipertunjukan. Yah itulah salah satu bentuk keragaman hewan serta pelestarianya di Indonesia. Hal yang paling saya sesalkan adalah ketika ke Pantai Kuta dengan perjalanan yang cukup melelahkan karena harus menaiki angkot dan berjubel penuh sesak dan itu hanya karena untuk berwisata ke Pantai Kuta. Namun sesampai disana saya dan rekan hanya berfoto-foto dengan para turis mancanegara dan tidak sampai melihat sunset kami harus pulang. Sungguh disesalkan karena tujuan saya ke Bali salah satunya melihat keindahan sunset Kuta. Tetapi hal ini tidak saya permasalahkan karena berfoto dengan para turis menunjukan bahwa saya mampu mengasah dan mengaplikasikan langsung kecakapan dalam berbahasa Inggris, nah tidak sia-sia bukan?. Satu lagi tempat yang membuat saya penasaran terutama dengan kata-kata yang digunakan dalam setiap produksinya yaitu dengan menjelek-jelek kan namanya sendiri, yah benar sekali Jogger. Saya sempat berkunjung serta berbelanja disana dan mengamati koleksi baju serta aksesoris busana tak lupa pula kerjinan tangan yang diproduksi oleh Jogger. Semua produksinya cukup menggiurkan sehingga membuat saya harus membelinya. Nah, mungkin itu hanya beberapa tempat wisata yang menurut saya paling menarik untuk saya bagikan, sebenarnya kunjungan saya masih banyak lagi dipulau tersebut dan jika tertarik silakan berkunjung ke Pulau Dewata. Selamat menikmati.

No comments:

Post a Comment