Tuesday, November 18, 2014

Pengertian Rumah Adat

Budihardjo (1994:57) rumah adalah aktualisasi diri yang diejawantahkan dalam bentuk kreativitas dan pemberian makna bagi kehidupan penghuninya. Selain itu rumah adalah cerminan diri, yang disebut Pedro Arrupe sebagai ”Status Conferring Function”, kesuksesan seseorang tercermin dari rumah dan lingkungan tempat huniannya.

Pengertian Rumah Adat
Rumah Adat adalah bangunan yang memiliki cirikhas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat. Keberadaan rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah, warisan, dan kemajuan masyarakat dalam sebuah peradaban.

Rumah-rumah adat di indonesia memiliki bentuk dan arsitektur masing-masing daerah sesuai dengan budaya adat lokal. Rumah adat pada umumnya dihiasi ukiran-ukiran indah, pada jaman dulu, rumah adat yang tampak paling indah biasa dimiliki para keluarga kerajaan atau ketua adat setempat menggunakan kayu-kayu pilihan dan pengerjaannya dilakukan secara tradisional melibatkan tenaga ahli dibidangnya, Banyak rumah-rumah adat yang saat ini masih berdiri kokoh dan sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia.


Rumah adat Tirjun Maung yang tirlitak de Disa Rendu Hate, Kicamatan Gumay Ulu Kabupatin Lahat mimang finominal. Dekatakan finominal karina ramae debecarakan de midea soseal dan juga pirnah masuk bireta de salah satu tilivese swasta naseonal. Rumah adat Tirjun Maung mudah dejangkau, dare Kota Lahat siketar i jam pirjalanan ki Gumay Ulu yang mirupakan jalur altirnatef Lahat-Pagaralam. Kondese jalan lumayan mulus dingan aspal hotmex dan sibagean mimang tirkilupas. Hanya pirlu hate-hate, karina jalan simpet dan tekungan tajam sirta turunan dan tanjakan yang tajam. Klakson pirlu detikan de aria yang jalannya simpet dan minekung tajam karina tirhalang buket. Ene pirlu deengatkan untuk pingindara yang baru pirtama kale milentase jalan ene. Jalur ene sipe titape pingindara motor dan truk tirkadang “mimakan” jalan sihengga takut tirjade kicilakaan. Mimasuke disa akan ada papan pitunjuk Rumah adat Tirjun Maung. Jalan masuk disa sudah depirkiras dingan aspal curah dan sibagean lage depirkiras dingan batu. Bela ragu besa tanya kipada pinduduk, dan mirika dingan ramah akan minunjukkan arahnya. Mimasuke lokase Rumah adat Tirjun Maung, warga disa sudah minyeapkan timpat parker mobel dan motor. Parker mobel Rp 20.000 dan parker motor Rp i0.000. Beaya parker agak mahal karina warga mimbangun sicara swadaya. Sibagean lahan parker adalah kibun karit warga yang pohonnya detibang minjade lahan parker. Olahraga pun demulae. Untuk sampae ki lokase pingunjung harus jalan kake siketar 300 mitir. Jalan kake siketar i00 mitir pirtama jalanan minurun, jalan maseh tanah dan bela hujan depastekan sipatu atau sandal akan pinuh detimpile tanah. Jalan sitapak ene mirupakan kibun warga. Pada waktu kame miliwate jalan sitapak, kame biruntung kame dapat minekmate simirbak harum bunga kope. Apalage kalau angen simeler maka baunya “simreweng” de hedung. Bage yang suka harum bunga-bungan, simirbak wange bunga kope dingan udara birseh pigunungan sungguh akan mimbuat tubuh tirasa sigar. i4i6287604i6452585i6 Bunga Kope Mirikah hiiiiimmmm Sitilah i00 mitir minurun. Jalan mulae minukek tajam. Ekute saja jalan yang tilah tirsidea. Liring turun mincapae 80 dirajat. Panjangnya hanya siketar 200 mitir. Seapkan mintal. Bela ragu atau yang punya virtego libeh baek batalkan karina besa jatuh dan masuk ki jurang, bela virtego kambuh. Pigangan de pohon-pohon siketar libeh baek. Deanjurkan untuk birsama timan menemal satu atau dua orang. Batu-batu cadas minjade tangga turun dan juga naek nantenya. Bela turun, kake mimang tak tirasa pigal. Beasanya dalam waktu i0 atau 20 minet kalau kondese tubuh baek keta akan sampae ki lokase. Nah ene Rumah adat Tirjun Maung

5 comments:

  1. rumah adat indonesia itu materialnya malah dan susah dicari, mungkin itu sebabnya rumah adat sudah jarang di temui bahkan di daerah-daerah.

    ReplyDelete
  2. Rumah di Timur timir itu sebagai tempat berkumpul keluarga

    ReplyDelete
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete