Tuesday, October 21, 2014

Tari Pendet Bali

Tari Pendet

Bali, salah satu tempat teridah di Bumi karena alam dan kebudayaannya. Tidak salah jika Bali merupakan destinasi wisata yang menarik wisatawan untuk datang. Salah satu unsur dari kebudayan yang menjadi magnet adalah tarian daerah. Keindahan tari Bali mampu memesona mata wisatawan yang menyaksikan pementasan tarian itu. Di antara tarian daerah yang berasal dari Bali, Tari Pendet adalah salah satu yang paling populer.



Tari Pendet adalah tari yang dahulu dipentaskan sebagai bentuk pemujaan atas turunnya dewata ke alam dunia. Tari ini dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat Hindu. Jadi tari pendet termasuk tari sakral yang hanya dipentaskan pada waktu dan tempat tertentu.

Seiring perkembangan zaman, tari pendet berubah fungsi dari tari persembahan menjadi tari ucapan selamat datang. Adalah I Wayan Rindi, seorang koreografer yang mencitakan tari pendet modern.

Tari Pendet dipentaskan oleh penari perempuan yang membawa mangkuk berisi penuh bunga. Penari ini akan menaburkan bunga-bunga dalam mangkuk tersebut kepada tamu yang datang. Oleh karena itu tai pendet disebut juga tari penyambutan.

No comments:

Post a Comment