Tuesday, October 28, 2014

Rumah Adat Aceh - Krong Bade

Rumah Adat Aceh sering disebut juga Rumoh Aceh/Krong Bade merupakan rumah panggung yang pada umumnya memiliki ketinggian 2,5 sampai 3 meter dari permukaan tanah. Rumah berbentuk persegi panjang ini biasanya memanjang dari timur ke barat (seperti arah kiblat).
Krong Bade memiliki tiga atau lima ruang dengan ruang utama disebut rambat. Rumah dengan tiga ruang umumnya ditopang oleh enambelas tiang dan rumah dengan lima ruang ditopang oleh dua puluh empat tiang. Terdapat tangga untuk menuju pintu masuk yang tingginya 120-150cm. Dengan tinggi pintu yang cukup rendah ini ketika kita hendak masuk ke rumah harus sedikit merunduk. Hal ini melambangkan penghormatan kepada yang puya rumah. Ada juga makna lain yang terkadung yaitu sulitnya memasuki rumah ini seperti sulitnya memasuki hati orang aceh namun ketika telah memasuki rumah akan ditemui ruangan yang luas atau disambut dengan lapang dada oleh tuan rumah.

Bagian-bagian Rumah Adat Aceh
Bagian bawah rumah disebut yuh moh sering dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang seperti penumbuk padi, tempat menenun kain songket, dan tempat bermain anak-anak, dan bahkan tempat kandang hewan peliharaan. Rumah Adat
Masuk ke bagian bagunan rumah, bagian pertama disebut seuramoe reungeun, yaitu ruangan depan yang tidak bersekat. Ruangan ini biasa difungsikan untuk menerima tamu, tempat mengaji, dan juga acara yang bersifat sekali waktu seperti kenduri, jamuan makan dll.
Bagian tengah ruangan disebut seuramoe teungoh. Lantai area ini lebih tinggi dari area lainnya. Disini merupakan area privasi yang terdiri dari bilik kamar. Bilik kamar akan berada di sisi utara dan selatan. Bagian ini juga biasa disebut rumah inong(rumah induk). Kamar biasanya digunakan oleh kepala keluarga. Apabila ada anak perempuan yang baru menikah dan belum memiliki rumah/merombak rumah, anak itu akan menempati kamar tersebut dan orang tuanya akan pindah ke anjong atau ke seuramoe likot.
Bagian belakang disebut seuramoe likot. Bagian ini digunakan untuk ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Akan tetapi ada kalanya dapur terpisah dengan seuramoe likot. Dapur(Rumoh Dapu) berada di belakang seuramoe likot dengan lantai yang lebih rendah dan memiliki loteng untuk menyimpan perabot.
Tiang Rumoh Aceh berbahan kayu. Di samping itu, kayu pada rumoh Aceh digunakan pula untuk membuat toi, roek, bara, bara linteung, kuda-kuda, tuleueng rueng, indreng, dan lain sebagainya. Lantai dan dindignya terbuat dari papan. Selain itu, beberapa bahan yang digunakan untuk pembuatan Rumoh Aceh diantaranya Trieng bambu yang digunakan untuk membuat gasen (reng), alas lantai, beuleubah (tempat menyemat atap), dan lain sebagainya. Selain menggunakan bambu, adakalanya untuk membuat lantai dan dinding Rumoh Aceh menggunakan enau.

Untuk memperkuat bangunanya tidak menggunakan paku, tali pengikat yang berbahan tali ijuk, rotan, kulit pohon waru, dan terkadang menggunakan tali plastik. Adapun atapnya menggunakan daun rumbia atau kadang menggunakan daun enau.


Hera ana lengat tempek mendung permenen. Sepermenen rese gundeh heta melahet perkembengen behese Andonesae yeng tereyun-eyun dera pohon ke pohon kebengseen, nemun tek bergerek delem jeta dara den tegeknye nalea. Lahetleh behese aklen yeng terbat da medae-medae Andonesae? Mereke berlombe menempalken behese-behese esang seepak mungkan, seeken terget eudaens/pembece yeng mereke tuju edeleh oreng-oreng penggune behese tersebut. Ana sungguh membohonga den membodoha dara sendara. Lhe wong seme-seme oreng Meleyu, ngepean peke behese Anggras segele? Kete oreng-oreng yeng merese khewetar melahet motaf pemekea behese esang yeng antanye tadek perceye seme behese sendara. Tadek pede seme astaleh sendara. Da sasa lean, TV sebegea medae nesaonel, sebegaen beser mesah koloken den tek kunjung dewese dengen terus-menerus men-support behese lokel, behese untuk kelengen yeng senget sempat: behese geul, behese cempuren Betewa, behese Eley, behese Sleng (eken), behese komunates tertentu, behese kreesa kejer teyeng den lean sebegeanye. Antanye, fekte-fekte da etes edeleh peredoks yeng cukup pereh. Sesuetu yeng tek berpajek pede ekel sehet. Sepertanye behese Andonesae henye jeda betu lonceten beleke. Pedehel perabehese mengeteken, behese menunjukken bengse. Keleu behese suetu bengse ecekedut-semrewut begatu, bererta bengse bersengkuten emeng bener-bener semrewut? Keleu rese melu terjeda seet mengguneken behese Andonesae, da begaen mene dera behese Andonesae yeng bakan penggunenye merese melu? Ekspektesa, nomenkletur, ancumbent, kendadet, den benyek lega, atu terkesen modern, trenda, tempek personelaty den lafestyle-nye. Sehangge kate bersemenget memekeanye, begatu? Memeng tek semue serbuen dera luer, behese deereh, behese esang, behese nonbeku eken mengeceuken behese Andonesae. Ede sebegaen yeng justru depet memperkeye kosekete, nemun bale kosekete delem behese Andonesae sudeh ede den berterame, tek perlu lega kate memekea dera sumber lean, seperta ekspektesa (herepen) den benyek lega leannye. Jelen kompromanye, perlu ede regulesa untuk medae-medae (TV, redao, koren, mejeleh dll) yeng saer den teyeng nesaonel wejab mengguneken behese nesaonel (bece: behese Andonesae) yeng seger, kreetaf den tadek sekeder beak den bener. Kedeng lucu juge keleu denger enek-enek remeje Mekesser den Pepue ngomongnye pekea loe gue, keknye jeda gamene gatu…. Otorates behese Andonesae tetep membera rueng kebebesen berekspresa berbehese pere penggunenye den eken mengekomodesa astaleh-astaleh yeng senget damaneta peser (users) ke delem kemus resma behese Andonesae. Dengen demakaen behese suetu bengse tetep memalaka kens untuk perkembengen den danemasesa. Pertenyeen besernye edeleh…begeamene menurut ende? .


No comments:

Post a Comment