Tuesday, November 11, 2014

Honai & Ebeai | Rumah Adat Papua

Rumah Adat Papua

Honai, di sinilah tempat generasi permulaan suku pegunungan tengah Papua dilahirkan dan dibesarkan. Rumah adat ini juga menjadi tempat belajar tentang arti kehidupan dan hubungan timbal balik antara manusia dengan alam sekeliling maupun dengan sang pencipta" begitulah kira-kira Julian Howay, seorang peneliti Papua beerkata.

Honai merupakan rumah yang berbentuk bulat. Rumah ini terbuat dari kayu beratap kerucut atau kubah. Tinggi rumah kira-kira 5-7 meter. Rumah ini tidak memiliki jendela karena untuk melindungi dari hawa dingin. Honai biasanya dibedakan menjadi tiga yaitu honai untuk kaum laki-laki(honai), honai untuk kaum perempuan(ebeai) dan honai untuk hewan ternak. Terdapat dua lantai yang dihubungkan dengan tangga.

Bentuk rumah bulat mengandung filosofi yang dalam yakni  Kesatuan & persatuan yang paling tinggi untuk mempertahankan dan mewariskan budaya, suku, harkat, martabat yang telah di pertahankan oleh nenek moyang dari dulu hingga saat ini. Bermakna sehati, sepikir dan satu tujuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.


Honai dibangun dengan perhitungan yang matang baik tempat maupun waktu. Biasanya faktor alam menjadi pertimbangan utama untuk mendirikan honai. Aspek keamanan, resiko bencana, dan hal-hal yang akan dihadapi menjadi pertimbangan lain dalam pembangunan honai. Hal tersebut juga dikatakan oleh pendeta dan tokoh intelektual papua asal pegunungan tengah Papua, Pdt. Socratez Sofyan Yoman, dalam bukunya "Kita Meminum Air Dari Sumur Kita Sendiri". Posisi pintu sengaja dibuat menghadap arah terbit dan terbenamnya matahari.

Fungsi Honai

  • Sebagai tempat hunian,
  • sebagai tempat menyimpan peralatan perang, 
  • tempat mendidik dan menasehati anak lelaki mereka agar bisa menjadi orang bermanfaat di masa depan,
  • tempat untuk merencanakan atau mengatur strategi perang agar dapat berhasil dalam pertempuran atau perang dan 
  • tempat menyimpan alat-alat atau simbol dari adat orang Dani yang sudah ditekuni sejak dulu





3 comments:

  1. Setiap orang tentu mendambakan rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan, untuk mendapatkan itu semua tidak harus dengan yang mewah, sederhana namun pas dihati itu akan lebih menyenangkan. Tentu tidak harus mahal juga karena dengan budget minim pun rumah yang aman, nyaman, asri, adem, dan tidak pernah ketinggalan trend bisa diwujudkan.

    Info seputar biaya membangun rumah murah yang berkelas silahkan baca disini:
    desain rumah joglo
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    rumah Joglo murah
    cream walet
    jam tangan original

    ReplyDelete
  2. mau tanya apakah gambar honai yang ada di blog ini sudah ada yang punya dalam arti digunakan sebagai logo? Merek Dagang? mohon di info ke email: mawardibghazaly@gmail.com
    Mks

    ReplyDelete