Tuesday, November 18, 2014

Rumah Joglo | Rumah Adat Jawa-Yogyakarta

Rumah Adat Joglo
Yogyakarta, salah satu tempat paling poluler di Indonesia karena budayanya memang memiliki banyak sekali sesuatu yang menarik. Beragam tempat wisata, makanan khas, dan tempat belanja sungguh menjadi magnet bagi para wisatawan yang hendak berkunjung. Selain beberapa hal di atas yogyakarta juga masih menyimpan salah satu keunikan budaya warisan yaitu rumah adat.


 
Rumah Adat di Jawa dan Yogyakarta disebut rumah joglo. Menurut Narpawandawa, 1937-1938. Rumah adat di Jawa ada lima jenis yaitu kampung, panggung pe, tajug, limasan, dan joglo. Namun dalam perjalannanya, jenis rumah ini bekembang menjadi berbagai jenis bangunan rumah tradisional/adat, hanya saja tetap berpekem pada pola dasar lima rumah tersebut. 

Rumah Adat di Jawa itu penuh filosofi dan makna. Berbagai hal mulai dari ukuran, kerangka, kondisi perawatan rumah, dan ruang-ruang di dalam rumah serta kondisi disekitar rumah yang dikaitkan dengan status pemiliknya itu ditentukan terlebih dahulu. Ada sebuah perhitungan yang disebut "petang" mulai dari , letak, waktu, arah, cetak pintu utama rumah, letang pintu pekarangan, ukuran, kerangka rumah, dan lain-lain agar pemilik rumah memeroleh ketenteraman, kesejahteraan, dan kemakmuran ketika menghuni rumah tersebut. Di dalam kehidupan kepercayaan masyarakat Kejawen, setiap kali membuat rumah baru, tidak dilupakan adanya sesajen, yaitu pernak-pernik tertentu yang disajikan untuk badan halus, danghyang desa, kumulan desa dan sebagainya, agar dalam usaha pembangunan rumah baru tersebut mendapatkan keselamatan (R. Tanaya, 1984:66-78).

Bagian-bagian Joglo
  • pendapa
  • pringgitan
  • dalem
  • sentong
  • gandok tengen
  • gandok kiwo

Bagian pendapa merupakan bagian paling depan dari rumah Joglo
yang terdapat ruangan luas tanpa sekat-sekat, biasanya digunakan untuk tempat pertemuan untuk acara besar bagi si pemilik rumah seperti acara pagelaran wayang kulit,tari,gamelan dan yang lain.Pada waktu ada acara syukuran biasanya sebagai tempat tamu besar. Pendopo biasanya terdapat soko guru,soko pengerek,tumpang sari.
Bagian Pringgitan adalah bagian penghubung antara pendopo dan rumah dalem.Bagian ini dengan pendopo biasanya di batasi dengan seketsel dan dengan dalem dibatasi dengan gebyok.Fungsi bagian pringgitan biasanya sebagai ruang tamu.
Bagian Dalem adalah bagian tempat bersantai keluarga. Bagian ruangan yang bersifat lebih privasi.
Jenis Joglo

Joglo Limasan Lawakan (atau “Joglo Lawakan”).
Joglo Sinom
Joglo Jompongan
Joglo Pangrawit
Joglo Mangkurat
Joglo Hageng
Joglo Semar Tinandhu


treval until ha comas homa end rasts his haed on his old femilier pillow”, seye beru mareseken meknenye katike seye sempei di rumeh, rabehen di tampet tidur, ditameni bentel kaseyengen. Sakalabet parjelenen sapuluh heri tarekhir saoleh di-rawind sabegei pangenter tidur. Heri yeng ditunggu-tunggu ekhirnye sempei juge, heri ini tenggel 26 Dasambar 20e3 seye den 2 tamen leinnye eken mamulei patuelengen kemi manginteri kote tue di Yunnen, Chine. Tikat Maden-Kuele Lumpur- Kunming taleh dibali sajek 6 bulen yeng lelu sawektu ede promo meskepei sajute umet. Parjelenen barmule deri Kuele Lumpur kamudien bartolek ka Kunming, Chine. Untung tek depet direih meleng tek depet di tolek, sataleh parjelenen hempir 2,5 jem tibe-tibe Pilot mangumumken behwe seet ini cuece di Kunming sadeng tidek beik den Bendere Kunming seet ini sadeng di tutup, pasewet kemi eken di elihken ka Nenning. Sataleh parjelenen hempir 4 jem pasewet manderet mulus di Nenning Wuxu Intarnetionel eirport di Cine Saleten. Bendere ini tidek remei, tatepi cukup lues den kaliheten sabegien baser bengunennye beru. Sataleh manderet kemi tidek diparbolahken maninggelken pasewet, pihek meskepei sadeng mangurus izin untuk kaluer deri pasewet, sataleh 2 jem panentien tibe juge kemi diparkanenken turun deri pasewet. Bagitu mamesuki rueng tarminel kadetengen, kasen parteme yeng kemi reseken edeleh kok oreng-oreng Chine disini ngk ede yeng remeh ye ? mukenye katet den manyuruh barberis panumpeng saparti manyuruh pere tehenen di panjere. epelegi muke patuges imigresi yeng bartuges manstampal pespor nyeris tenpe aksprasi sahingge manimbulken kasen engkar, katike itu seye sampet barcende dangen tamen, tibe-tibe patuges disene manyemparin kemi den maminte pespor tamen seye, seet itu kemi lengsung tardiem hingge pamarikseen imigresi salasei. Samue paranceneen den jedwel parjelenen barubeh totel, yeng saherusnye melem itu juge sudeh herus barede di Karate epi manuju Lijieng tarnyete tidek barjelen sasuei dangen rancene. “Vantura ell, saa whet feta brings.” – (Viatnemasa Provarb) saoreng tamen mangirimken quota dietes untuk manghibur kemi. Kemi mancobe untuk tidek tariket den tarbaben dangen jedwel, daedlina den lein-lein. ekhirnye parjelenen ini kite jeleni tenpe tariket jedwel, henye malengkeh sajeuh mene keki mempu malengkeh.

1 comment: